Posted by : Anto Suryanto Monday, 18 March 2013

Juru Bicara Kementerian Kominfo Gatot Dewa Broto
JAKARTA -- Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo Gatot S. Dewa Broto mengatakan pihaknya bakal segera menertibkan iklan telekomunikasi yang dianggap dapat merugikan konsumen.

"Ini dilakukan karena kami sering menerima keluhan di antaranya dari YLKI yang meneruskan cukup banyaknya pengaduan masyarakat tentang dugaan adanya iklan produk dan layanan telekomunikasi," kata Gatot di Jakarta, Senin (18/3).

Menurut Gatot pihaknya tidak hanya ingin melindungi konsumen namun juga industri telekomunikasi agar tercipta persaingan yang sehat.

Praktik usaha kurang sehat yang dimaksudnya antara lain iklan yang menawarkan tarif yang tidak wajar, gratis SMS maupun internet bahkan pemberian kartu perdana gratis serta undian berhadiah lainnya.

Gatot menilai iklan dapat merugikan masyarakat jika tidak  memenuhi kriteria obyektif, lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Iklan telekomunikasi dilarang mencantumkan kata gratis atau kata lainnya yang bermakna sama bila ternyata konsumen harus membayar biaya lain, sebagaimana diatur dalam Etika Pariwara Indonesia," katanya.

Surat  Edaran tentang Iklan Telekomunikasi telah ditandatangani oleh Menteri Kominfo Tifatul Sembiring pada 21 Februari 2013 yang ditujukan kepada seluruh direktur utama Penyelenggara Telekomunikasi.


Source : Republika

Leave a Reply

Silahkan memberikan komentar di sini !

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments




Latest Posts

- Copyright © My Dream -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -