Posted by : Unknown Tuesday, 11 March 2014




Satu lagi aktivitas gunung di Jawa meningkat. Hampir bersamaan dengan geliat Merapi pada Senin (10/3), Gunung Slamet di Jawa Tengah pun meningkat. Bahkan gunung dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan air laut pada Senin malam statusnya dinaikkan dari Aktif Normal (Level I) menjadi Waspada (Level II).

“Bahwa dengan peningkatan kegempaan di Gunung Slamet maka pada 10 Maret 2014, pukul 21.00 WIB status Slamet dinaikkan dari Normal ke Waspada,” kata Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Surono, melalui pesan singkatnya.

Pria yang akrab disapa Mbah Rono ini juga mengatakan dalam status ini masyarakat tidak boleh beraktivitas dalam radius 2 km dari kawah Gunung Slamet.

Gunung Slamet berada di lima Kabupaten yakni Pemalang, Banyumas, Brebes, Tegal, dan Purbalingga. Pemkab Purbalingga sebelumnya sudah memutuskan untuk menutup jalur pendakian ke puncak melalui pos Bambangan.

Gunung Slamet meningkat aktivitas terakhirnya pada 2009. Saat itu Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menaikkan status gunung tersebut hingga pada level Siaga. Peningkatan status ke Siaga saat itu cenderung cepat karena baru pada 21 April status menjadi Waspada, pada 23 April 2009 statusnya kembali naik menjadi Siaga. (BAS-Vey/PVMBG)


Leave a Reply

Silahkan memberikan komentar di sini !

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments




Latest Posts

- Copyright © My Dream -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -