Cara Menghilangkan Click Caption

Posted by Anto Suryanto on December 14, 2014 with No comments

Cara Menghilangkan Click Caption


Apa itu Click Caption?

Akan saya terangkan sedikit apa itu Click Caption agar menjadi kehati-hatian bagi pengguna internet di komputer yang belum tahu.

Dikembangkan oleh Delaware LLC, Click Caption adalah program yang mungkin tidak diinginkan untuk sebagian besar pengguna internet di dunia ini. Meskipun Click Caption memiliki fungsi yang bisa dikatakan 'berguna' bagi sebagian orang, pengguna internet mengkategorikan Click Caption  sebagai adware karena menggunakan metode pemasaran perangkat lunak tipuan yang disebut 'bundling' (instalasi siluman program tambahan bersama-sama dengan perangkat lunak yang dipilih) untuk diinstal pada browser Internet (Internet Explorer , Google Chrome, Mozilla Firefox dan) tanpa izin pengguna. Setelah instalasi sukses, klik Caption menghasilkan banyak iklan online mengganggu termasuk banner, pop-up, dalam teks, dan iklan pencarian. Klik Caption secara teknis tidak dianggap sebagai virus atau malware, bagaimanapun, adalah sangat mungkin bahwa mengklik iklan yang dihasilkan oleh adware ini akan menyebabkan komputer lebih berisiko tinggi akan adware / infeksi malware dan masalah keamanan komputer.

Click Caption akan sangat mengganggu sekali sebab ketika kita memblok teks di banyak situs, kita akan disusuji dengan gambar anak panah kecil di atas teks tersebut. Kemudian akan muncul pop up search engine Bing dan tentu jika terus-terusan muncul seperti itu setiap kita memblok / menyorot teks, maka kita akan jengkel. 

Berdasarkan pengalaman penulis, menghapus atau menghilangkan Click Caption di Windows Xp pertama kali sangat sulit karena tidak ada instalasinya yang terdeteksi di add or remove program control panel. Sudah search sana sini di Google tetap saja tidak bisa. Akhirnya pakai cara klasik saja untuk menghilangkan adware tersebut.

Cara Menghilangkan Click Caption
Screenshot Click Caption saat memblok teks di sebuah forum

Baiklah saya akan mulai sharing ilmu dari otak  saya yang apa adanya ini, mumpung masih ada di otak.. hee..
Note : Saya masih setia menggunakan Windows XP.

Pertama-tama, saya scan virus di komputer saya dengan SMADAV secara full. Hasilnya.. Nihil tidak ada malware atau virus yang terdeteksi. 

Kedua, Kemudian saya scan malware dengan malware tool dan Norton Power Erasser, dah langsung saya fix semua kesalahan atau unwanted program yang ada. Tapi, di situ tetap tidak ada yang namanya ClickCaption. Saya hampir menyerah, tapi semangat saya muncul lagi. Sempat saya pikir akan saya remove dengan menggunakan uninstaller seperti Revo, tapi malas downloadnya karena koneksi internet saya lemooot.

Ketiga, akhirnya saya mencoba untuk melihat apakah ada folder click caption di system (C:), dan ternyata ada. Langsung saya hapus tuh clickcaptionya. Hasilnya... Bisa?? Belum!! Saya masih mengalami masalah dengan write protected biasa. Untuk mengatasi write protected saya pakai unlocker, sudah tau cara menggunakan unlocker? Cari aja dah di google. Saya belum buat artikelnya..

Cara Menghilangkan Click Caption
Folder ClickCaption di system (C:)

Keempat, setelah memakai unlocker, ternyata bisa dihapus tuh folder. Kemudian saya buka browser Google Chrome ternyata sudah tidak ada lagi tuh si Click Caption. 

Oh ya ketinggalan, baiknya periksa ekstensi atau add on di Mozilla, Chrome atau Internet Explorer dan semua browser yang ada. Biasanya ada add on Click Caption. Bila ada, hapus saja add on tersebut.

Sudah, begitu saja artikel .. 

Cara Menghilangkan Click Caption. 

Semoga berhasil.